Bagaimana menaklukan Saksi Yehova I

SAKSI YEHOVAH I

SEJARAH, TOKOH2, & BAHAYANYA SAKSI YEHOVAH

A) Sejarah Saksi Yehovah dan tokoh-tokohnya:

1) Charles Taze Russel:

Charles Taze Russel dilahirkan pada tanggal 16 Februari 1852 di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Pada usia muda ia sudah menolak doktrin tentang neraka / hukuman kekal, karena ia menganggap bahwa Allah yang maha kasih itu tidak mungkin akan membuang orang ke dalam neraka untuk disiksa sampai selama-lamanya. Pengertian / penyorotan yang tidak seim-bang tentang kasih dan keadilan Allah, dimana ia terlalu menyoroti kasih Allah tetapi mengabaikan keadilan Allah, menyebabkan ia sesat.

Pada tahun 1870, ia membentuk suatu Bible Class (= Kelas Alkitab), dan pada tahun 1876 ia diangkat menjadi pendeta oleh grup itu.

Pada tahun 1879, ia mulai menerbitkan majalah yang dinamakan "THE HERALD OF THE MORNING", yang akhirnya menjadi "THE WATCHTOWER" (= MENARA PENGAWAL), yang merupakan majalah yang paling terkenal dari Saksi Yehovah.

Ia menulis buku yang berjudul "STUDIES IN THE SCRIPTURES", yang terdiri dari 7 volume.

Ia mempunyai kehidupan yang brengsek, dan ini membuat orang-orang Saksi Yehovah tidak mau disangkutpautkan dengan Russel ataupun disebut sebagai pengikut ajaran Russel / Russelisme, sekalipun tidak dapat disangkal bahwa Russel adalah pendiri Saksi Yehovah.

Ia meramalkan bahwa Kristus akan datang untuk keduakalinya pada tahun 1874, dan setelah ramalannya meleset, ia mengubahnya men-jadi tahun 1914, tetapi ternyata meleset lagi.

Ia mati pada tanggal 31 Oktober 1916 (perhatikan bahwa setelah ramalannya meleset untuk keduakalinya, Tuhan memberikan ia waktu 2 tahun untuk bertobat, tetapi ia tidak bertobat), dan diganti oleh Joseph Franklin Rutherford.

2) Joseph Franklin Rutherford:

Joseph Franklin Rutherford dilahirkan pada tahun 1869 di Missouri, Amerika Serikat.

Setelah tamat Perguruan Tinggi, ia belajar pada seorang Sarjana Hukum yang terkenal, lalu ia menjadi penulis pengadilan, pengacara, dan akhirnya menjadi hakim.

Pada tahun 1894, ia membeli tiga buah buku Russel, yang menjadikannya orang Saksi Yehovah. Ini menunjukkan effektifnya literatur Saksi Yehovah!

Pada tahun 1904, ia dan istrinya membaktikan diri pada gerakan Russel.

Pada tahun 1916, setelah kematian Russel, ia menggantikannya menjadi pemimpin Saksi Yehovah.

Ia mulai menerbitkan majalah yang berjudul "AWAKE" (= SEDARLAH), yang sekarang menjadi majalah nomer 2 dari Saksi Yehovah.

Di bawah pimpinannya, pada tahun 1931, nama Saksi Yehovah mulai dipakai. Nama ini didasarkan atas Yes 43:10-12.

Ia menulis lebih dari 100 buku / pamflet, yang lalu diterjemahkan ke dalam 80 bahasa. Ditinjau dari hal ini, terlihat dengan jelas bahwa ia jauh lebih berhasil dari Russel.

Ia mati pada tanggal 8 Januari 1942, dan diganti oleh Natan Homer Knorr.

3) Nathan Homer Knorr:

Natan Homer Knorr dilahirkan pada tahun 1905 di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Ia mulai mengenal ajaran Saksi Yehovah pada waktu ia masih ada di Sekolah Menengah Atas.

Pada tahun 1942 ia menggantikan Rutherford menjadi pemimpin Saksi Yehovah.

Ia yang mengusulkan supaya orang-orang Saksi Yehovah diberi indoktrinasi / pengajaran yang kuat, supaya dapat bersoal jawab pada waktu memberitakan 'Injil'. Sebelum itu mereka hanya menggunakan literatur dan rekaman pada waktu memberitakan 'Injil'.

Pada tahun 1945, ia melarang transfusi darah. Larangan ini menim-bulkan problem sampai sekarang, karena banyak orang Saksi Yehovah merelakan dirinya sendiri atau keluarganya mati demi mentaati larangan yang tidak punya dasar Kitab Suci ini!

Pada tahun 1950, dikeluarkan Perjanjian Baru versi Saksi Yehovah dan pada tahun 1960, dikeluarkan Perjanjian Lama versi Saksi Yehovah. Alkitab versi Saksi Yehovah ini disebut NEW WORLD TRANSLATION (= TERJEMAHAN DUNIA BARU).

Ada 5 orang penterjemah (Knorr adalah salah satu dari mereka) dan lucunya tidak ada satupun di antara mereka ini yang mengerti bahasa asli Kitab Suci.

Ia mati pada bulan Juni 1977, dan digantikan oleh Frederick W. Franz.

B) Bahayanya Saksi Yehovah:

1) Mereka mirip Kristen!

a) Mereka selalu mengaku diri sebagai orang kristen, dari gereja kristen, yang berkeliling untuk memberitakan 'Injil'.

Mereka tidak pernah mengaku diri sebagai Saksi Yehovah, kecuali kalau kita sudah mengetahui hal itu dan lalu mendesak mereka dengan pertanyaan: "Apakah kamu Saksi Yehovah?".

Mereka juga selalu mengaku bahwa gereja mereka adalah gereja kristen 'tanpa merk', karena pada waktu ditanya 'Saudara dari gereja mana?', mereka biasanya menjawab: 'Gereja Kristen'. Bahwa semua orang Saksi Yehovah bisa membiasakan diri berdusta semacam demi-kian, adalah sesuatu yang tidak bisa saya mengerti!

Mereka selalu pergi berdua untuk memberitakan 'Injil', biasanya yang satu senior dan yang lain yuniornya yang sedang dilatih untuk memberitakan 'Injil'.

Ini ciri khas mereka, dan ini perlu kita ingat supaya kita bisa mengenali orang-orang Saksi Yehovah!

b) Mereka juga menggunakan Kitab Suci kita (sekalipun mereka mempunyai Kitab Suci sendiri yaitu NEW WORLD TRANSLATION) dan secara teoritis mereka mengakui Kitab Suci sebagai Firman Allah.

c) Lembaga penerbitan mereka disebut 'Perkumpulan Siswa-siswa Alkitab'; dulu letaknya di Batuceper no 47, Jakarta. Sekarang sudah tidak lagi di sana, karena sekarang di Indonesia mereka termasuk organisasi terlarang, karena mereka beranggapan bahwa semua pemerintah berasal dari setan.

2) Ajaran Saksi Yehovah kelihatannya lebih sederhana dan lebih mudah diterima oleh akal, dibandingkan dengan ajaran kristen (khususnya tentang Allah Tritunggal).

Ini menyebabkan banyak orang kristen yang dari dulu selalu bingung / tidak mengerti tentang doktrin Allah Tritunggal, lalu menjadi pengikut mereka.

Penerapan:

Karena itu, kalau selama ini saudara adalah orang kristen yang malas belajar doktrin, khususnya doktrin Allah Tritunggal, bertobatlah dari kemalasan saudara, sebelum saudara disesatkan oleh nabi-nabi palsu yang saat ini banyak terdapat! Ingat bahwa penyesatan selalu berhubungan dengan doktrin, sehingga orang kristen yang lemah dalam hal doktrin adalah orang yang paling mudah disesatkan!

3) Orang-orang Saksi Yehovah diindoktrinasi kuat sekali (ini menyebabkan orang Saksi Yehovah sukar sekali bertobat), dan mereka dipersiapkan secara khusus untuk menghadapi orang kristen, karena mereka ber-anggapan bahwa Gereja Kristen berasal dari setan. Sebaliknya, jarang ada gereja / hamba Tuhan yang menyiapkan jemaatnya untuk bisa menghadapi orang Saksi Yehovah, sehingga dalam perdebatan antara orang kristen dengan orang Saksi Yehovah, hampir selalu orang Saksi Yehovahnyalah yang menang!

Pada tahun 1969, ada 100 orang Saksi Yehovah ditanyai, dan ternyata 61 orang dari mereka menjadi Saksi Yehovah setelah dewasa, dan 41 orang di antara 61 orang tersebut, dulunya adalah orang kristen.

Penerapan:

Kalau saudara adalah hamba Tuhan, siapkanlah jemaat saudara untuk bisa menghadapi orang Saksi Yehovah dan ajarkanlah Firman Tuhan dengan serius kepada jemaat saudara.

Kalau saudara adalah seorang jemaat biasa, maulah belajar tentang Saksi Yehovah supaya saudara siap menghadapi mereka. Tetapi awas! Caranya belajar tentang Saksi Yehovah bukanlah dengan belajar pada orang-orang Saksi Yehovah ataupun dengan membaca buku-buku terbitan mereka. Mengapa? Karena ini terlalu berbahaya. Kita tidak perlu mempelajari tentang racun tertentu dengan mencicipi racun tersebut! Cara yang benar adalah dengan membaca / mempelajari buku-buku yang ditulis oleh orang kristen tentang Saksi Yehovah, atau dengan mengikuti pelajaran tentang Saksi Yehovah di gereja saudara!

Tetapi disamping itu saudara juga harus banyak belajar Alkitab secara umum, bukan hanya yang berhubungan dengan Saksi Yehovah!

4) Saksi Yehovah adalah yang paling cepat bertumbuh dari semua bidat.

Dari tahun 1942-1952 (hanya dalam 10 tahun!) jumlah orang-orang Saksi Yehovah meningkat secara luar biasa:

di Amerika Serikat meningkat 2 x lipat.
di Asia meningkat 5 x lipat.
di Eropah meningkat 7 x lipat.
di Amerika Selatan meningkat 15 x lipat.

Pikirkan: dimana ada bidat, atau bahkan gereja kristen, yang bisa bertumbuh secepat itu dalam hal kwantitas?

Kalau saudara mungkin bertanya: 'Mengapa mereka bisa bertumbuh begitu pesat?', maka salah satu jawabnya adalah karena orang Saksi Yehovah tidak membedakan antara Pendeta dengan orang awam. Semua orangSaksi Yehovah dilatih untuk memberitakan 'Injil' dan 65 % anggota-anggota Saksi Yehovah aktif memberitakan 'Injil' (bandingkan dengan orang kristen yang menurut statistik hanya 0,5 % yang memberitakan Injil).

Penerapan:

Gereja-gereja kristen seharusnya belajar dari hal ini, dengan cara:

Para hamba Tuhannya harus lebih banyak mengadakan latihan Peka-baran Injil bagi jemaatnya, dan lebih banyak mendorong jemaatnya untuk memberitakan Injil.
Para jemaat harus mau mengikuti latihan Pekabaran Injil itu, dan harus mau / berani mengabarkan Injil!

Seorang yang bernama Daniel Webster berkata sebagai berikut:

"If religious books are not widely circulated among the masses in this country, I do not know what is going to become of us as a nation. If truth be not diffused, error will be; if God and His Word are not known and received, the devil and his works will gain the ascendancy; if the evangelical volume does not reach every hamlet, the pages of a corrupt and licentious literature will; if the power of the Gospel is not felt throughout the length and breadth of the land, anarchy and misrule, degradation and misery, corruption and darkness, will reign without mitigation or end" (= kalau buku-buku agama / rohani tidak beredar secara luas di antara rakyat dalam negara ini, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita sebagai bangsa. Kalau kebenaran tidak disebarkan, maka kesalahanlah yang akan tersebar; kalau Allah dan FirmanNya tidak diketahui / dikenal dan diterima, setan dan pekerjaannya akan mendapatkan kekuasaan / pengaruh; kalau buku-buku injili tidak mencapai setiap desa, halaman-halaman yang jahat dan literatur yang tidak bermoral akan mencapainya; kalau kuasa Injil tidak dirasakan diseluruh lebar dan panjang negara ini, maka anarkhi dan pemerintahan yang salah, keburukan dan kesengsaraan, korupsi / kejahatan / kecurangan dan kegelapan, akan memerintah tanpa pengurangan atau akhir).

Semoga kata-kata ini bisa mendorong setiap orang kristen, terlebih lagi setiap hamba Tuhan, untuk lebih giat dalam memberitakan Injil / Firman Tuhan. Mengapa? Karena memang salah satu alasan yang menyebabkan ajaran sesat seperti Saksi Yehovah bisa tersebar, adalah karena banyak orang kristen maupun hamba Tuhan yang tidak / kurang memberitakan Injil / Firman Tuhan!

Seorang yang bernama Edmund Burke berkata:

"All that is necessary for the triumph of evil is that good men do nothing" (= semua yang dibutuhkan supaya kejahatan menang adalah bahwa orang-orang yang baik tidak melakukan apa-apa) - dikutip dari buku Saat Teduh 'Streams in the Desert', vol 2, June 13.

5) Orang Saksi Yehovah menggunakan literatur dengan luar biasa hebatnya. Tidak ada agama atau bidat lain di seluruh dunia yang bisa menandingi Saksi Yehovah dalam penggunaan literatur!

Macam-macam literatur mereka:

a) Majalah.

Dua majalah Saksi Yehovah yang paling terkenal adalah:

THE WATCHTOWER (= MENARA PENGAWAL).

Dimulai pada tahun 1879 (saat itu judulnya adalah The Herald of the Morning) dengan jumlah hanya 6000 exemplar / bulan.

Pada tahun 1976 sudah mencapai 10 juta exemplar / bulan, dan sudah diterjemahkan ke dalam 79 bahasa.

Pada tahun 1985 mencapai 17,8 juta exemplar / bulan, dan diterjemahkan ke dalam 106 bahasa.

AWAKE! (= SEDARLAH!).

Pada tahun 1976 mencapai 9 juta exemplar / bulan.

Pada tahun 1985 mencapai 15,6 juta exemplar / bulan dan diterje-mahkan ke dalam 34 bahasa.

Dalam hal majalah agama, kedua majalah ini menduduki ranking I dan ranking II di seluruh dunia!

b) Buku.

Macam-macam judulnya (dalam bahasa Indonesia) antara lain:

Karena Allah itu Benar Adanya.

Ini termasuk buku utama karena sering digunakan oleh orang Saksi Yehovah dalam memberitakan 'Injil'.

Perdamaian dan Keamanan Sejati - Dari Sumber Manakah?
Tengok! Aku Menjadikan Segala Perkara Baru.
Apakah Alkitab Benar-Benar Firman Allah?
Kalam - Siapakah Gerangan Dia? Menurut Yahya.
Mendengar Kepada Guru yang Agung.
Kebenaran yang Membimbing Kepada Hidup yang Kekal.
Dari Firdaus yang Hilang Sampai Firdaus yang Dipulihkan.
Inilah Berarti Hidup yang Kekal.
Penyembuhan bangsa-bangsa sudah mendekat.
Kabar kesukaan dari Kerajaan ini.
Dasar kepercayaan akan dunia baru.
Hidup dalam pengharapan akan sesuatu susunan baru keadilan.
Haruskah anda percaya kepada Tritunggal?

Dalam buku ini mereka menyerang keilahian Kristus, doktrin Allah Tritunggal, dan keilahian serta kepribadian Roh Kudus dengan argumentasi-argumentasi yang cukup hebat. Karena itu, dalam buku saya ini saya membahas banyak bagian dari buku mereka yang satu ini.

c) Traktat.

Macam-macam judulnya antara lain:

Kehidupan Dalam dunia Baru yang Penuh Damai.
Harapan Bagi Orang mati.
Bangunlah Dari Tidur.
Tanda Kehadiran Kristus.
Kehidupan Dalam Dunia Baru yang Penuh Damai.
Mengapa Kehidupan Begitu Penuh Problem?

Catatan:

Ingatlah nama-nama literatur mereka ini, khususnya nama kedua majalahnya, supaya saudara bisa mengenali literatur Saksi Yehovah, sekaligus mengenali orang Saksi Yehovahnya yang memberikannya kepada saudara!

Janganlah membeli literatur mereka, karena sungkan atau alasan yang lain apapun juga, karena ini sama dengan menyumbang kepada setan!

-AMIN-

sumber: http://www.facebook.com/groups/Christ.Lifestyle/doc/456526827701631/

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bagaimana menaklukan Saksi Yehova I"

  1. Sesungguhnya saya sendiri juga bukan anggota Organisasi SSY tapi jangan dulu asal tuduh Organisasi SSY itu sesat/'bidat'. tetapi marilah kita terus belajar dan minta hikmat dari TUHAN tentang bagaimana sesungguhnya kebenaran itu.
    Apakah doktrin yang diajarkan gereja dewasa ini sudah sepenuhnya benar? saya sendiri meragukannya karena setelah saya banyak belajar, masih jauh dari sempurna.
    Amanat Agung yang disampaikan Yesus Kristus banyak diselewengkan oleh pendeta/pemuka-pemuka gereja.

    BAPA di sorga, jadilah kehendak-MU di bumi sperti di sorga...Amin.

    ReplyDelete