Apa Aku Salah?


Bacaan : "Dan oleh karena Pilatus ingin memuaskan hati orang banyak itu, ia membebaskan Barabas bagi mereka. Tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkan untuk disalibkan (Mark 15: 15)"


Aku Pontius Pilatus, gubernur Romawi atas Yudea, Samaria, dan Idumea. Apa salahku? Kenapa para pengikut Yesus itu mengecam aku? Mempersalahkan aku seakan-akan akulah yang menjadi penyebab utama kematian orang yang bernama Yesus itu.

Aku heran, kalau Yesus begitu berharga bagi para pengikut-Nya, mengapa mereka tidak berjuang membebaskan Dia? Kalau memang mereka setia, mengasihi Dia, dan percaya kepada Dia, bukankah seharusnya mereka berjuang menghadapi orang Yahudi yang banyak itu? Bukankah seharusnya mereka berjuang membebaskan guru mereka? Mengapa mereka diam saja? Di mana iman yang selama ini mereka banggakan? Bukankah penyaliban Yesus juga salah mereka yang diam tanpa bertindak apa-apa?

Aku heran, mengapa orang-orang Yahudi ini sangat benci kepada orang yang bernama Yesus itu? Apa salah-Nya? Sudah aku sesah, namun mengapa mereka tetap ingin Dia disalibkan? Kesalahan apa yang diperbuat-Nya sampai orang-orang ini menuntut kematian-Nya? 

Apakah aku salah jika aku berbuat demikian? Aku sendiri yang tidak mengenal Yesus, sudah mencoba untuk membebaskan-Nya. Siapa tahu dengan disesah, orang banyak itu sudah puas. Walaupun kenyataan selanjutnya berbeda, akupun juga tidak berharap demikian.
Aku seorang politikus. Posisiku juga kehidupanku tergantung pada kondisi politik daerah ini. Kalau banyak orang mendukungku, maka kehidupan dan posisiku terjamin. Bahkan, nyawaku juga aman dari hukuman pemerintahan Romawi. Kalau orang lain berada diposisiku mungkin juga akan berbuat demikian. Jadi, apa aku salah?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Aku Salah?"

Post a Comment