GERAKAN ZAMAN BARU (NEW AGE MOVEMENT)

Kenalkah Anda dengan  Gerakan Zaman Baru  atau New Age Movement? Bagaimanakah sejarah lahir dan berkembangnya Gerakan Zaman Baru (GZB)  Apakah pengaruhnya terhadap kehidupan iman kita?
Apakah Gerakan Zaman Baru?
Gerakan Zaman Baru adalah kebangkitan kembali secara modern, agama-agama dan tradisi kuno, terutama yang berasal dari Timur. GZB  mempengaruhi budaya masyarakat dalam bentuk kebatinan timur, filsafat modern, psikologi, sains, termasuk fiksi sains ( Science fiction ). Zaman baru yang dimaksud dalam gerakan ini adalah zaman yang akan datang ( sering disebut pula zaman emas, Golden Age, zaman aquarius). Para aktivis gerakan ini yakin bahwa seluruh kosmos sedang bergerak ke arah tujuan akhir dimana manusia akan mencapai kesempurnaan dan keilahian. Diyakini akan ada pencerahan yang memungkinkan berlangsungnya transformasi masyarakat  yang mengantarkannya ke dalam zaman baru dimana tidak ada peperangan, kejahatan,kelaparan, kesakitan atau pun keresahan, bahkan tak ada lagi kematian. Dengan demikian GZB adalah salah satu gerakan eskhatologis yang menantikan zaman akhir.
Mery Ann Brussat mendefinisikan Gerakan Zaman Baru sebagai zaman pencerahan spritual. Hasrat spiritual, inilah yang menjadi semangat sekaligus ciri khas New Age Movement
Apakah Gerakan Zaman Baru  merupakan agama baru?
GZB  bukan merupakan agama atau aliran kepercayaan tertentu melainkan suatu gaya hidup atau kesadaran berbudaya manusia modern yang ingin kembali  dekat dengan alam.
Bagaimanakah sejarah munculnya Gerakan Zaman Baru?
Gerakan Zaman Baru—New Age Movement pada awalnya muncul di Amerika Serikat. Gerakan tersebut muncul di California sejak tahun 1960-an sehingga ada orang yang menyebutnya sebagai American Movement.  Dengan kemajuan Amerika dalam hal teknologi, akhirnya gerakan ini dengan cepat meluas ke seluruh dunia. Sejak tahun 1970-an dan 1980-an, gerakan ini marak luar biasa. Dalam perkembangannya, Gerakan Zaman Baru mengadopsi banyak gagasan dari filsafat dan agama Timur. Pada masa-masa itu, menurut sejumlah pengamat, merupakan masa yang penuh gejolak. Gejolak itu menimbulkan banyak perubahan di Amerika. Kaum muda tidak mempedulikan budaya orang tua mereka. Mereka dengan segenap tenaga mencari nilai-nilai baru. Sarana psikedelik—obat bius dan sejenisnya menjadi media untuk menikmati ketenangan jiwa. Alasan menemukan ketenangan jiwa inilah yang akhirnya membuat mereka berpaling ke Timur. Mereka mulai mempelajari tulisan-tulisan yang berkaitan dengan hinduisme, astrologi atau berguru di tempat sepi dan terpencil [esoterisme]. Pada saat itu juga, kaum muda ini mulai memperkenalkan gaya hidup baru seperti yang dilakukan kaum Hippies dari San Fransisco. Dalam perkembangan selanjutnya, kita mengenal para tokoh Gerakan Zaman Baru yang mempopulerkannya. Mereka itu adalah Ram Daas, Marilyn Ferguson, David Spangler, Judith Skutch dan Sirley Maclaine.
Dapat pula dikatakan bahwa kemunculan GZB  merupakan akibat dari beberapa kondisi yaitu:
a. Agama Barat yang selama ini  dianut ternyata sangat bersifat rasional sehingga banyak orang merasakan kekosongan spiritual. Untuk mengisi kekosongan-kekosongan ini mereka beralih ke agama-agama timur kuno.
b. Karena ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengakibatkan sikap yang tidak manusiawi, bahkan orang sakit tidak diperlakukan secara manusiawi sehingga banyak orang beralih ke cara-cara pengobatan timur yang dirasa lebih manusiawi.
c. Akibat dari sistem ekonomi kapitalis yang merusak alam demi keuntungan ekonomis maka banyak orang beralih ke alam semesta untuk menyelamatkannya.
Apa sajakah yang diajarkan Gerakan Zaman Baru?
Beberapa pandangan yang diajarkan GZB , antara lain:
1. Mencari integrasi holistik
Di tengah dunia yang semakin rusak secara ekologis, GZB menawarkan integrasi yang holistik antara badan – roh, individu – masyarakat – alam, sehingga kita hidup dalam harmoni. Hal ini dicapai dengan senam pernafasan, pengolahan tenaga dalam dan meditasi-meditasi.
2. Pantheisme
GZB memahami bahwa seluruh realitas dunia ini hanya satu. Yang disebut Tuhan adalah kekuatan alam, sedangkan setan dan dosa hanyalah ketidakseimbangan dalam alam. Karenanya manusia perlu menyatukan diri dengan alam yang tidak lain adalah Tuhan, melalui meditas-meditasi.
3. Kesembuhan dan kesehatan
Daya untuk menyembuhkan dan hidup sehat secara holistik bisa dicapai melalui meditasi dengan teknik tertentu.
4. Aktualisasi diri
Aktualisasi diri merupakan kebutuhan tertinggi manusia yang harus dicapai supaya menjadi pribadi yang sehat. Teori ini digabungkan dengan teori-teori psikologi untuk menghasilkan teori pengembangan diri  semaksimal mungkin.
5. Reinkarnasi
Apa yang terjadi dalam hidup sekarang merupakan karma atas apa yang telah dilakukannya dalam masa lampau dan untuk menyembuhkan dibutuhkan meditasi yang dipimpin seorang terapis.
6. Evolusi dan Transformasi
Evolusi (proses perubahan yang berlangsung perlahan-lahan) dan transformasi (perubahan) dalam GZB adalah  suatu keyakinan dan upaya untuk terjadi perubahan perlahan ke arah yang lebih baik, dengan optimisme timbulnya masa depan yang lebih baik.
7. Keselamatan
Keselamatan merupakan kesatuan dengan “tuhan” dan aktualisasi diri
8.  Tuhan
Tuhan dianggap merupakan kesadaran kosmis yang ada dalam diri setiap orang.
Apakah pengaruh  GZB bagi iman kita?
Karena GZB bukan agama maka dapat mengecoh kita dalam beberapa hal, misalnya:
1. Pengolahan tenaga dalam dan latihan pernafasan
Dengan mengolah tenaga dalam dan latihan pernafasan maka kekuatan di dalam diri manusia dikembangkan untuk memperoleh kekebalan atau kesaktian. Memang mungkin hal ini bisa untuk membela diri atau menolong yang lemah namun berbahaya kalau manusia merasa diri kuat tanpa Tuhan atau tergiur belajar lebih banyak dan meninggalkan Tuhan.
2.  Meditasi
Meditasi yang dimaksud adalah usaha berkonsentrasi dan dimaksudkan untuk menyatukan diri dengan alam ( tuhan ) supaya menjadi kuat.
3. Pengolahan Kekuatan Mental, Pengembangan Pribadi dan Positive Thinking
Usaha-usaha ini dimaksudkan untuk mengembangkan diri supaya kuat mental, memiliki rasa percaya diri, tahu potensi yang dimiliki dan  bersikap optimis. Hal –hal ini baik dan menolong orang untuk mengembangkan diri dan tidak mudah putus asa. Namun harus diingat jangan sampai rasa percaya diri mengalahkan ketergantungan kita kepada TUHAN dan rasa optimis tidak memberikan tempat pada kegagalan dan dosa.
4. Hidup dekat dengan alam
Hidup dekat dengan alam  mengingatkan manusia akan tanggungjawabnya terhadap alam semesta. Hal ini sangat baik bagi orang Kristen namun bukan supay a dunia menjadi lebih baik dan terlepas dari dosa, namun sebagai wujud hidup baru dan rasa syukur serta tanggungjawab kita di hadapan TUHAN.
Adakah Gerakan Zaman B aru  di kalangan Kekristenan?
GZB menyerap berbagai praktek dan ajaran agama termasuk Kristen. Nama YESUS sering dimunculkan para penganut GZB sekalipun hanya diakui sebagai Guru Agung.  Ada berbagai  kelompok dari GZB yang mengaku diri sebagai  persekutuan Kristen atau bagian dari gereja. Mereka menawarkan seperangkat ajaran, kegiatan dan praktek yang sekan-akan adalah ajaran kristiani melalui persekutan-persekutuan, seminar-seminar, lokakarya, atau kegiatan-kegiatan lain dan bacaan-bacaan. Mereka bahkan menjanjikan pemahaman yang lebih mendalam atas Alkitab karena mereka mengaku langsung menerima wahyu dari YESUS KRISTUS.
Bagaimanakah sikap  kita menghadapi Gerakan Zaman Baru?
Ajaran GZB merasuk dalam berbagai  bidang kehidupan sehari-hari dan juga  bergerak di kalangan Kekristenan. GZB merembes ke dalam kehidupan masyarakat kita di era industrialisasi dan globalisasi ini. Gerakan Zaman Baru  seringkali dikemas dan dibungkus dengan aroma spiritual yang menyentuh banyak orang.  Karenanya kita perlu membekali diri dengan pemahaman iman yang memadai dan hidup dengan sungguh-sungguh beriman sehingga tak mudah diombang-ambingkan rupa-rupa angin pengajaran.
Sumber:
  1. Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode GKJ dan GKI Jateng, Mengenal Pluralitas Kekristenan, 1998
  2. Aritonang, J.S, Berbagai aliran di dalam dan di Sekitar Gereja, Jakarta, BPK Gunung Mulia, 1995.
  3. www.glorianet.org

0 komentar "GERAKAN ZAMAN BARU (NEW AGE MOVEMENT)", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar