Lambang dan Tipologi Roh Kudus

Kemarin ketika sedang duduk santai dikamar hp berbunyi dan ada sebuah sms dari teman yang bertanya tentang makna lambang merpati. Untuk itu saya menulisnya siapa tau juga ada teman- teman lain yang juga blm tau tentang makna lambang.
Dalam Alkitab, Roh Kudus telah banyak berperan baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Karena Roh Kudus tidak kelihatan, maka dalam Firman Tuhan dipakai berbagai lambang untuk menunjukkanNya, untuk memberi kepada kita sifat-sifatNya dan pelayanan serta perananNya.
Jikalau kita mengerti sifat dan pelayanan Roh Kudus. Dan hal ini sangat membantu dalam kehidupan Kekristenan kita.
LAMBANG-LAMBANG

BURUNG MERPATI
Lukas 3 : 21-23, Mat. 3 :16
Dari sekian banyak jenis burung, mengapa hanya burung Merpati yang dipilih sebagai lambang Roh Kudus ? Mengapa bukan burung Gereja atau burung lain? Lambang Burung merpati dipilih, karena burung Merpati itu mempu- nyai sifat-sifat tertentu yang tidak dimiliki burung lain. Burung merpati adalah burung yang menjadi lambang "Cinta dan Kasih" selalu berdampingan, tulus hati, suka damai dan lemah lembut. Inilah sifat-sifat Roh Kudus. Kidung Agung 1:15. Burung Merpati adalah lambang PERDAMAIAN dan KEAMANAN. Kej.8:11 Memang burung merpati tidak pernah berkelahi, kalau duduk diatas tangkai pohon, bersama-sama jantan dan betina, maka keduanya tidak pernah bertengkar. Burung Merpati bersifat tenang dan sejahtera.
Burung merpati juga indah bentuknya, tetapi jika perlu merpati dapat terbang dengan cepat. Maz. 55 :7 "Sekiranya aku diberi sayap sepererti Merpati, aku akan terbang dan mencari tempat yang aman".  Merpati juga melambangkan Kesucian. Im. 1: 14-17 Melambangkan KEJUJURAN dan KETULUSAN. Mat. 10:16 Disini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Roh Kudus memenuhi kita dan pengalaman yang dilambangkan oleh burung Merpati seperti Kasih, damai, tidak membuat onar, suci, elok dan mencari tempat yang tenang.

AIR
Yesaya 44:3, Yoh 4:14, Yoh 7: 37-39
Air juga sering dipakai sebagai lambang Roh Kudus. Jika tidak ada air dalam dunia ini terjadilah kehausan, kekeringan, kelaparan, kekotoran dan malapetaka. Jika tidak ada air - jika ada Roh Kudus maka sudah pasti akan terjadi kehausan-kehausan rohani. Akan terjadi kekeringan alami dan kekeringan rohani. Jemaat akan gelisah, tidak bergaerah lagi untuk berbakti. Kebaktian menjadi kering, statis, tradisi dan hanya upacara liturgi saja. Tidak ada kehidupan. Kegunaan air adalah: memberi hidup, menyegarkan, memuaskan bagi yang dahaga, memungkinkan bumi mengeluarkan buah, menyucikan, membersihkan dan menghasilkan tenaga. Demikian juga Roh Kudus. Manusia tidak bisa hidup tanpa air, orang percaya tidak bisa hidup tanpa Roh Kudus. Kepuasan yang diberikan dunia semu dan palsu adanya. Barang siapa yang minum air Roh Kudus ia akan puas dan tidak haus untuk selama-lamanya. Bahkan akan menjadi mata air di dalam dirinya yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal. Yoh. 4:14.

API
1 Raja 18 :38, Kisah 2 : 3, Mat 3 : 11-12.
Yesus akan membaptis orang percaya dengan api Roh Kudus. Terbukti dalam Kisah pasal dua kelihatan tanda lidah api hinggap ke atas murid-murid Tuhan. Roh Kudus adalah Allah seperti api yang menghanguskan Ibrani 12:29. Fungsi api secara alamiah adalah: memberi penerangan, memberi panas, menghanguskan, memusnahkan, menyucikan, membangkitkan tenaga, dan melebur dan membentuk logam yang keras. Roh Kudus dapat memberi penerangan Batin (Iluminasi), kebenaran-kebenaran Firman Tuhan akan menjadi terang dan jelas oleh pekerjaan Roh Kudus. Api Roh Kudus menghanguskan setiap dosa dan menyucikan hati kita. Tuhan ingin hidup kita suci. Hanya dengan Roh Kudus kita dapat hidup dalam kekudusan. Roh Kudus dapat membangkitkan tenaga dalam kehidupan orang percaya sehingga dapat menjadi saksi-saksi yang enerjik.
Sering manusia tidak mau menyangkal diri, Roh Kudus akan menolong dengan mengirim Baptisan Api dalam bentuk situasi kondisi yang tidak menyenangkan supaya orang percaya dapat menyangkal diri dan hasilnya orang Kristen menjadi murni seperti emas yang teruji.

ANGIN
Kisah 2 :2, Yoh 3 : 8
"Angin bertiup kemana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya dan engkau tidak tau darimana ia datang atau kemana ia pergi. Demikian juga dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh".  Kata "Pneuma" dalam bahasa Gerika secara literal berarti angin, nafas. Allah menghembuskan nafasNya kepada Adam dan ia menjadi nyawa yang hidup. Yesus menghembuskan nafas (Breathed) kepada murid-muridnya dan berkata "Terimalah Roh Kudus'' Yoh 20 : 22. Roh Kudus adalah nafas dan kehidupan Allah. Jika Roh Kudus hadir, Ia membawa kehidupan dalam diri kita, tanpa Dia kita tidak dapat merasakan arti kehidupan yang sesungguhnya. Kalau kita mengundang kehadiran Roh Kudus terasa sekali udara segar yang mengakibatkan sukacita dan kebahagiaan. Sifat-sifat angin adalah: sebagai udara untuk bernafas, tidak kelihatan tetapi gerakannya dapat dirasakan,ada di mana -mana, selalu bergerak, dapat bertiup lembut dan juga dapat mengadakan tenaga yang besar.

MINYAK
1 Samuel 10:1, 1Samuel 16:13, Yakobus 5:14-15.
Minyak biasanya digunakan dalam PL untuk pengurapan. Semua Raja-raja Israel diurapi dengan minyak. Juga Imam-imam diurapi untuk pelayanan. Ini sebagai pelambang supaya mereka melayani hanya oleh urapan Roh Kudus, bukan oleh kemampuan diri sendiri. Bukan oleh kuat dan gagah, juga bukan oleh kepintaran dan kekayaan. Zakharia 4 : 6. Hanya oleh perkenan dan urapan Roh Kudus. Sifat minyak yang merupakan sifat Roh Kudus: pelumas, memberikan terang, menjalarkan luas, menyembuhkan dan merembes masuk ke dalam bagian-bagian tersembunyi. 1 Kor. 6 :19-20, Luk. 4 : 18, Maz. 133 : 2

ANGGUR
Epesus 5 : 18, Kisah 2 : 13
Anggur menunjuk pada sukacita. Yoh.2 : 1-11, rasa gembira, rasa senang. Anggur juga menimbulkan keberanian. Kisah 2:1-13. Keberanian hati dan semangat untuk memenangkan jiwa.

METERAI
2 Kor 1 :22, Epesus 1 : 13, Epesus 4 : 30
"Di dalam Dia.... ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang di janjikan itu."

Demikian postingan ini kalau masih ada yang salah ataupun kurang silahkan untuk berkomentar...terima kasih GBU

Rating: 4.5

0 komentar "Lambang dan Tipologi Roh Kudus", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar