""Saat Ia Bangkit""

        Apa yang istimewa pada hari paskah selain kebaktian dan perayaan?? Karena kadang kala kedua hal itulah yang dipandang istimew bagi sebagian orang kristen. Istimewanya hari raya orang kristen biasanya terletak pada kebaktian yang "tidak seperti biasany'" plus acara perayaan yang nota bene ada hidangan 'ramah tamahnya'. Tanpa itu, mungkin orang akan bertany: "apakah orang kristen sudah lupa pada hari rayanya, ya??"
       Kita lihat perjalanan kisahnya....dimulai dari malam menjelang Yesus menjalani masa sengsaranya, Ia membasuh kaki murid- muridnya dan ia mengatakan akan ada sa;ah satu dari kedua belas murid yang akan mengkhianatinya, sehingga para murid saling curiga dan bertanya- tanya.
         Dilanjutkan dengan kenyataa pada hari setelahnya, apa yang dikatakan Yesus sebanyak 4 kali terbukti dan Yudas ternyata sebagai pihak yang menjual Yesus. Diorama perjalanan sengsara Yesus yang diikuti dengan dengan penyangkalan Petrus karena memang pertaruhannya bagi seorang pengikut Yesus adalah ikut menanggung sengsara atau bahkan harus ikut mati bersama Yesus sabagai mitranya.
           Selanjutnya peristiwa penyaliban Yesus benar- benar membuat murid- murid kehilangan dan ketakutan sehingga merekapun mengurung diri dalam rumah supaya tidak bertemu dengan orang Yahudi. Suasana mencekam menjadikan para murid pupus harapan. Kehilangan akal sehat, kehilangan memori setiap kata- kata Yesus yang pernah mengatakan bahwa memang itu semua harus terjadi demi penggenapan rencana Allah.
          Saat pagi- pagi buta mereka digemparkan karena kubur Yesus telah kosong...ada kebingungan di hati mereka karena mereka lupa bahwa Yesus pernah mengatakan bahwa Anak Manusia itu akan bangkit pada hari yang ke-3. Kebingungan itu berganti dengan sukacita dan pengharapan tatkala satu demi satu penyataan bahwa Yesus tidak hilang namun bangkit, baik melalui penyataan malaikat maupun penampakan Yesus. Mereka yang ketakutan dan mereka yang pupus harapan ternyata beroleh sukacita dan pengharapan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to """Saat Ia Bangkit"""

Post a Comment