Buka Dulu Topengmu

Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. (2 Korinta 3:16).

Para pemuda pasti masih ingat lagu ini: “...tapi buka dulu topengmu, biar kulihat wajahmu, biar kulihat warnamu...” Lagu ini mengingatkan kita tentang membuka diri, jujur, tidak berpura-pura supaya kelihatan baik, bagus, dsb.

Hal ini pernah dikatakan oleh Rasul Paulus ketika mengingatkan jemaat Korintus. Rasul Paulus mengingatkan supaya jemaat meneladan Kristus, menjadi jemaat yang baru, hidup dalam pertobatan. Membuka diri itu juga membuka hati supaya kita tidak hidup menurut kehendak kita sendiri namun bertobat dengan memperlihatkan kemuliaan Tuhan tanpa menutupi dengan tingkah laku kita sendiri.

Peristiwa itu pernah dialami para murid ketika Tuhan Yesus berdoa. Ketika itu para murid melihat Yesus berubah wajah tatkala berdoa. Yang dimaksud disini tentu saja bukan berubah menjadi makluk lain. Peristiwa itu mengingatkan kita untuk berupaya jadi anak Allah dengan melakukan apa yang menjadi kehendak Allah. 

Mulai hari Rabun nanti, kita masuk dalam masa pertobatan, masa prapaskah. Masa khusus supaya kiita turut merasakan kesengsaraan-Nya dengan bertobat. Membuka hati, melepas hidup lama agar tersingkaplah kemuliaan Allah yang ditanamkan dalam diri kita. Berupaya hidup seturut kehendak Allah, tidak tidak semau gue.

Mari, saudaraku, kita hidup dengan melepas topeng hidup kita yang semau gue itu dan mengenakan hidup seturut kehendak Allah, tiap hari, tiap waktu, hingga Tuhan datang kembali. Amin.

Sumber : Sabda Winedhar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buka Dulu Topengmu"

Post a Comment