Memelihara Keselamatan

Bacaan : Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. (Mazmur 42:2).

Bacaan Injil kali ini mengingatkan tentang keselamatan atau Kerajaan Surga seperti yang digambarkan Yesus. Kerajaan Surga seumpama harta terpendam atau mutiara yang kita temukan. Sudut pandangnya adalah manusia yang mencari keselamatan. Menarik bahwa dalam perikop yang pertama, Yesus menggambarkan Kerajaan Surga seperti harta terpendam di ladang dan seorang pedagang yang mencari mutiara. Setidaknya bisa kita perkirakan bahwa aktornya adalah buruh penggarap ladang dan seorang saudagar kaya, dua orang yang berbeda status sosial. Dari sini bisa kita lihat hal Kerajaan Surga bukan sekedar persoalan menjual harta bendanya semua, tetapi juga menjadi kebutuhan melebihi batas status sosial. Ketika telah menemukannya, orang bisa melakukan apa saja untuk menjaganya agar tidak hilang.

Betulkah bisa melakukan apa saja? Perikop kedua menjadi benteng bagi kita. Biar bagaimanapun keselamatan bisa hilang tatkala dalam perjalanan kehidupan kita tidak berusaha menjaga dengan sebaik-baiknya. Bagaikan ikan hasil menjaring dengan pukat, lalu dipilah-pilah, ikan yang baik akan disimpan, ikan yang tidak baik akan dibuang. Maka selanjutnya adalah bagaimana kita bisa menjaga keselamatan dengan menjadi ikan yang baik melalui perilaku baik.

Memang batasnya sangat tipis dengan pahala, tetapi kita bisa melihatnya sebagai bentuk tanggung jawab keselamatan. Biar bagaimanapun manusia memiliki tanggung jawab yang harus dipikul, tidak bisa seenaknya sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memelihara Keselamatan"

Post a Comment