Membangun Hubungan Dengan Tuhan (Bag. 3)

Membangun hubungan dengan Tuhan Bag III.

Sekarang kita mempelajari bagaimana “ Membangun hubungan dengan Tuhan “ ,  mendatangkan   Pemulihan dalam Tubuh  apakah mungkin membangun hubungan dengan Tuhan bisa membawa dampak sampai sejauh itu ?  kalau ya bagaimana caranya ? Kita tahu pemulihan hubungan antara manusia dengan Tuhan itu memberikan dampak “ Pemulihan dalam segala sesuatu “, Kisah Para Rasul 3 : 21  , mari kita melihat salah satu Nabi yang menjanjikan Pemulihan dalam hidup umat Tuhan ,Yermia 33:6 “ Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah –limpah.”

TUBUH ,

Tubuh manusia  saat diciptakan Tuhan sempurna tidak ada cacad celanya , tubuh menjadi rusak karena ;

•   Dosa asal , kronologinya saat “ Tuhan melarang manusia makan buah pengetahuan baik dan jahat “ ( kej 2 : 17 )  “ Buah kehidupan “  saat itu boleh dimakan  tetapi setelah manusia makan buah pengetahuan baik dan jahat ,  maka “ Pohon kehidupan “ dijaga agar manusia yang berdosa tidak bisa memakannya , bayangkan kalau manusia makan buah “ kehidupan “ maka manusia yang berdosa akan hidup selama-lamanya dalam keberdosaannya ,   ( Kej  3 : 22-24 )

•   factor keturunan  dari nenek moyangnya atau orang tuanya  melakukan tindakan yang salah merusak tubuhnya misal dengan kebiasaan minuman keras , mengkomsumsi Narkoba , merokok dllnya , akan berakibat merusak genetikanya dan kalau ia melahirkan anak,  akan membawa cacad pada keturunannya  .

•   Suka makan makanan yang merusak tubuh , sedangkan Tuhan sudah melarangnya , Imamat 11 : 4 - 8 , 10 – 31 , memang Tuhan tidak memberikan alasan secara mendetail mengapa tidak boleh tetapi kita tahu dengan tehnologi dan penelitian dimasa sekarang kita mengetahui  semua makanan yang Tuhan larang itu merusak kesehatan kita , kalau dilanggar berakibat mengalami kerusakan genetikanya , sehingga kalau ia melahirkan anak, maka anaknya akan mengalami cacad bawaan , Persoalan makanan diperdebatkan orang yang suka makan enak, dengan alasan bukankah Tuhan sudah mengijinkan Petrus makanan yang haram , Kis 10:10-16. diayat ini sebetulnya Tuhan sedang memberikan gambaran kepada Petrus untuk tidak menganggap haram atau kafir kepada bangsa lain, untuk itu harus memberitakan Injil kepada mereka juga . Kisah 11:18. oleh sebab itu kalau kita suka makanan enak  selalu  ingat ayat dalam Amsal 23:1-2 .

Dan memang Tuhan mengijinkan seseorang mengalami kelemahan Tubuhnya sejak lahir dengan maksud agar pekerjaan-pekerjaan Allah dinyatakan atau agar nama Tuhan dipermuliakan . Yoh 9:2-3 kita sudah melihat dan mendengar kesaksian Nick Vujisic anak seorang hamba Tuhan dari Australia .

Manusia yang sudah diselamatkan, tubuhnya menjadi tempat tinggal ROH KUDUS ( 1 Kor 3:16./ Rom 8:16  ), Itulah sebabnya Tuhan menginginkan manusia yang sudah diselamatkan menjaga tubuh dengan baik dan benar , agar tubuhnya bisa jadi alat kemuliaan-Nya .

Bagaimana pemulihan tubuh dari sakit penyakit maupun dari kelemahan  ?

Alkitab memberikan beberapa petunjuk bagaimana seseorang bisa mengalami kesembuhan dari sakit penyakit dan kelemahan tubuhnya yaitu melalui pembacaan dalam :

1.   Matius 8 : 8 dari pembacaan Firman Tuhan ini kita bisa melihat bagaimana seseorang bisa mengalami kesembuhan , yaitu melalui “ Percaya “ akan perkataan Tuhan YESUS ( Firman Tuhan itu ya dan amin ! ) dan ketekunan dalam meminta kepada Tuhan , karena percaya akan kasih-Nya pasti memberikan yang baik bagi manusia ! ( Mat 15:18 / Luk 5:18-20-24 )

2.   Markus 1: 40-41 / 9 : 23-24 , dalam peristiwa itu kita bisa melihat kadang seorang tidak punya iman percayapun bisa mengalami kesembuhan tubuhnya , itu karena anugrah-Nya saja !

3.   Kisah para Rasul 5 :12- 15 . dalam perjalanan Gereja Tuhan banyak terjadi mujizat kesembuhan tanda-tanda ajaib, yang menyertai pelayanan hamba-hamba Tuhan , bahkan bayangan / hadirat yang keluar dari tubuh Rasul-Rasul bisa menyembuhkan .

4.   Kisah para Rasul 19:12 , kita melihat cara kesembuhan bisa melalui perantara benda-benda seperti sapu tangan bisa memberikan kesembuhan dari sakit menyakit , bisa juga dengan doa dan mengoleskan minyak urapan ,  Markus 6:13 / Yak  5 : 14 .

5.   Matius 21:12-14  mujizat terjadi kalau menguduskan tubuh ( bait suci ) dari kebiasaan dosa atau  kebiasaan yang merusak tubuh , bisa dari pola makan , minuman keras, merokok dllnya .

6.   Bisa juga karena ada rencana Tuhan dalam hidup orang tertentu maka Tuhan tidak menyembuhkan sakit penyakitnya, seperti yang dialami  Paulus , 2 Kor 12 : 7-9 .

Ada satu cara yang paling efektif Kesembuhan melalui ;

•   Melalui Ketaatan akan Firman Tuhan , setiap anak Tuhan akan mengalami pemulihan kesehatan , karena kuasa Firman itu seperti air kehidupan yang memiliki fungsi , membersihkan, menyucikan , menyegarkan, menyehatkan dan memerdekakan tubuh dari sakit penyakit maupun pengaruh kuasa roh jahat dalam hidup seseorang . ( Yoh 7 : 38 / 8:32  )

•   Matius 8:17 “ Dialah yang memikul “ Kelemahan “ kita dan menanggung “ Penyakit “ kita Kelemahan disini terpisah dengan penyakit ini berbicara kelemahan merupakan pembawaan sejak bayi itu , Jadi Tuhan YESUS yang telah mati diatas kayu salib bukan hanya menebus dosa  , sakit  penyakit  tetapi  “ Kelemahan “ kita  juga .  Yes 53 : 1-12 / 1 Pet 2:24 .
 
•   Pemulihan kelemahan tubuh, bisa terjadi karena kuasa Firman yang dilakukan / dipraktekkan dalam hidupnya dengan setia dan tekun dan Kuasa ROH KUDUS yang akan mengubahkan hidupnya  karena “ kebenaran “ Firman Tuhan menjadi gaya hidupnya , ( Ams 4 : 20-22  )

Kehebatan Kuasa Firman bisa kita lihat melalui pembacaan dalam  Ibrani 4 : 12 ;

•   Kuasa Firman yang bekerja dalam hidup sanggup memisahkan jiwa seseorang yang dulunya Jelek menjadi baik yang dulunya tidak tahu kehendak Tuhan jadi tahu .( 2 Tim 3:16-17 )

•   Kuasa Firman sanggup Memisahkan Roh manusia yang dibelenggu / dipengaruhi “ Illah dunia  “ atau falsafah-falsafah nenek moyang sampai tidak tercemar lagi . ( 2 Kor 4 :  3- 6 )

•   Firman bekerja sampai “ kesumsum manusia “ kita tahu sumsum adalah pusat pembaharuan darah manusia ini berbicara kuasa Firman sanggup meregenerasi darah dalam tubuh manusia ,  jadi kalau darah manusia yang beredar keseluruh tubuh , darah sudah diregenerasi dan bermuatan kuasa Firman, tubuh akan menjadi sehat !

Walau demikian kita harus memiliki pemahaman yang sehat dalam hal ini bukan berarti  anak Tuhan tidak bisa sakit dan tidak bisa tua  ! , sebab kita masih hidup dalam tubuh yang terbuat dari “ Debu tanah “ maka kita bisa sakit dan bisa mengalami kerusakan karena factor usia , atau bisa sakit karena mengabaikan / tidak menjaga kesehatannya , kelak dalam tubuh “ Kemuliaan “ baru tidak akan mengalami kerusakan lagi  , dan kita jangan ;

•   Memiliki iman yang salah dengan mengatakan tidak perlu makan obat, karena kuasa darah YESUS mampu menyembuhkan semua sakit penyakit , kita harus tahu obat ditemukan manusia karena hikmat yang diberi Tuhan untuk kesejahteraan manusia dibumi ini ! Pauluspun yang keringatnya bisa menyembuhkan ( Kis 19:12 ) menganjurkan Timotius minum anggur untuk kesehatan dalam pencernaannya , Trofimus ditinggalkan dalam keadaan sakit diMiletus . 1 Tim 5:23 / 2 Tim 4:20  .

•   Bahkan kita harus tahu juga kadang Tuhan memakai penyakit  untuk menguji Iman kita !   walau tubuh sakit sampai meninggalpun tidak mengingkari imannya , sehingga orang tersebut tetap dapat memuliakan Tuhan walau dalam sakitnya ! (  2 Kor 12 : 7-10 / Ibr11:39-40 )

Pentingnya menjaga tubuh agar tidak  sebagai lawan Allah , 1 Kor 3:17 .

•   Dengan  cara menjaga tubuh  dari pencemaran yang bisa merusak Tubuh seperti menjauhi minuman keras, mengisap rokok, narkoba , suka bergadang atau makanan yang merusak tubuh .

•   Menjaga kesehatan tubuh dengan minum vitamin , jamu atau minum obat kalau sakit , sesuai dengan resep dokter sebab kepandaian/ hikmat dokter sumbernya dari Tuhan dan tentunya dengan berolah raga juga .

•   Memelihara tubuh dari pencemaran kekudusan pernikahan, Alkitab mengingatkan jangan  berzinah dengan orang yang bukan pasangan hidupnya , karena membuat ikatan jiwa dengan wanita tersebut. 1 Kor 6:15-16 / Ibr 13:4. sebab didalam perselingkuhan disanalah ada roh zinah yang menungganginya , akhirnya roh zianah itu akan membinasakan tubuh orang itu dengan penyakit kotor yang  sangat mematikan seperti G.O / Aids / Ebola dllnya . Ams 9:17-18, 25-27 .

Yang menjadi  kendala  “ Pemulihan “ dalam Tubuh  kita  adalah  :

1.   Dalam diri manusia memiliki “ Kehendak Bebas “ ( Free will ) membuat manusia menolak kehendak-Nya dan Tuhan sendiri tidak pernah memaksakan kehendak-Nya dalam hidup manusia , walau sebenarnya kehendak-Nya itu baik sanggup membawa hidup manusia dalam pemulihan segala sesuatu , karena Tuhan menghargai kehendak bebas manusia , Tuhan hanya memberi pilihan – pilihan kepada manusia !   ( Mat 7:13-14 )

2.   Sifat kedagingan yang ada didalam tubuh ini , sebab selama kita masih hidup dalam dunia tidak bisa lepas dari kelemahan daging , kalau tidak diwaspadai akan membawa kita jatuh lagi dalam dosa , karena kita belum dalam tubuh KEMULIAAN , tetapi puji Tuhan bagi yang tumbuh kerohaniannya memiliki buah roh yaitu “ Penguasaan diri “ sehingga walau masih dalam tubuh yang berasal dari debu tanah , tidak takut atau menyerah kepada kehendak daging, sebaliknya punya tekad hidup taat akan Firman agar mengalami pemulihan segala sesuatu dan akhirnya  bisa memuliakan Tuhan dalam Roh, Jiwa dan Tubuh kita !

3.   Kekerasan hati manusia , untuk itu kita mencontoh kegagalan Daud, juga belajar dari pertumbuhan Jemaat mula-mula , Mazmur 51:14. / Kisah para Rasul 17:11. Firman Tuhan ini menjelaskan , Daud gagal dalam perjalanan hidupnya karena menggunakan kehendak bebasnya dan kekuasaannya sebagai raja , itulah sebabnya setelah jatuh ia minta kepada Tuhan Roh yang RELA. Demikian pula Jemaat mula-mula bisa berkembang pesat karena Jemaat hidup dalam Ketaatan akan Firman Tuhan dengan RELA.

Kalau kita menyadari masih jauh dari apa yang Tuhan rencanakan yaitu mengalami pemulihan hidup dalam KRISTUS seutuhnya marilah kita berdoa agar diberi Roh yang “ RELA “  sehingga mengalami Pemulihan dalam Roh , Jiwa , dan tubuh , pemulihan ini sangat penting untuk bisa menerima kasih karunia Allah yang diajanjikan , Matius 9:17 , mengungkapkan bagaimana  bisa menerima anggur yang baru ? ( gambaran kasih karunia Allah ) yaitu kalau kantong bejana hidup kita dibaharui ! setelah dibaharui baru Tuhan mempercayai dengan berkat-berkat dan janji-janji-Nya yang luar biasa itu dan memakai hidup kita jadi alat kemuliaan-Nya ! 

Kita melihat hasil “ Membangun hubungan dengan Tuhan dengan baik dan benar “ akan memulihkan kehidupan kita baik dalam roh , jiwa dan tubuh kita , oleh sebab itu mari kita membangun hubungan dengan Tuhan dengan cara meningkatkan membaca Alkitab, meningkatkan dalam memuji dan menyembah Tuhan dan meningkatkan doa  yang berkualitas  !  Amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Hubungan Dengan Tuhan (Bag. 3)"

Post a Comment