Membangun Hubungan Dengan Tuhan (Bag. 6)

Kita sudah mempelajari bagaimana membangun hubungan dengan Tuhan secara baik dan benar yaitu kalau kita “ Membuat ikatan perjanjian dengan Tuhan “ diwujudkan   ;

   Secara konsisten melakukan bagian sesuai dengan apa yang kita ucapkan ketika menjadikan YESUS sebagai Raja dalam hidup kita , dan hidup menurut apa yang Tuhan kehendaki dalam semua area kehidupan , dengan kata lain membuat ikatan perjanjian dengan Tuhan tidak bisa hanya menuntut Tuhan memberkati hidup kita saja tetapi tidak melakukan bagian kita !

   Melakukan bagian kita dengan belajar dari hidup Abraham yang takut / hormat kepada Tuhan setia menuruti perintah dan petunjuk Tuhan  walau mengalami jatuh bangun , akhirnya Iman Abraham tumbuh kuat, contoh , Realisasi hidup takut kepada Tuhan di wujudkan dalam rumah tangga , masing-masing pribadi melakukan bagiannya seperti yang Tuhan tunjukkan , demikian juga sebagai kaum muda dalam menjalani kehidupan dimasa mudanya dengan berpegang pada prinsip hidup kerajaan Allah tidak terbawa arus dunia .

Sekarang kita mempelajari bagaimana sikap hidup seorang yang takut kepada Tuhan , yaitu tahu fungsi dirinya sebagai bagian “ Tubuh KRISTUS “ , kita harus tahu dalam perjalanan hidup ini Tuhan selalu memberikan pilihan kepada , tidak pernah memaksa seperti yang Tuhan katakan dalam Mat 7 : 13-14 ” Didalam dunia ini ada dua jalan lebar dan sempit mana yang akan kita pilih ? ”  ,  demikian juga Tuhan memberikan pilihan kalau kita memilih hidup sebagai bagian Tubuh KRISTUS, sebagai keluarga Allah maka Tuhan akan memerintahkan berkat-berkat didalamnya seperti yang Tuhan katakan dalam Maz 133:1-3 , sebaliknya  kalau tidak maka kesusahan dan kesengsaraan akan dialami , seperti yang Tuhan katakan dalam ,   1 Kor 11 :  29 - 30 .

Melalui pembacaan Firman Tuhan ini kita melihat, penyebab kesengsaraan dan penderitaan Jemaat karena tidak mau hidup terikat sebagai bagian dari Tubuh KRISTUS, disatu sisi mau hidup didalam berkat dan perlindungan KRISTUS tetapi disisi lain tidak peduli kepada tubuh KRISTUS lainnya ,  Akibatnya akan mengalami kelemahan , sakit dan akhirnya mati  yang dimaksudkan adalah ;

    Pertama Jemaat akan mengalami kelemahan tidak sehat rohaninya dan penyebab tidak sehat karena tidak peduli kepada “ Tubuh KRISTUS “ indikasinya seperti seorang yang lemah pada umumnya  mau apapun malas , ibadah malas  , doa malas , baca Alkitab malas , menyembah Tuhan malas dan akhirnya pelayanan juga malas , ini merupakan gejala awal !

    Tahap kedua Jemaat akan mengalami Sakit , kita bisa melihat orang yang sakit pada umumnya , Ia tidak tahu mana makanan enak dan tidak enak , sehat dan tidak sehat , demikian juga seorang yang sakit rohaninya ia tidak tahu mana kotbah / ajaran yang sehat dan yang tidak sehat ,  ke Gereja asal datang saja , datang dan pulang sama tidak mengalami perjumpaan dengan Tuhan dalam kasih-Nya, dalam kuasa-Nya dan dalam kebenaran-Nya !

    Akhirnya Jemaat akan mengalami kematian , yang dimaksud adalah rohaninya , hidupnya sama seperti sebelum kenal Tuhan karena pikiran dan perasaannya tumpul tidak tahu akan kehendak Tuhan, kita harus tahu sejak Tuhan memberikan Iman kepada seseorang , Tuhan menginginkan dengan Iman itu membawa orang tersebut mengalami pemulihan dalam hidupnya dan melakukan perbuatan yang benar dan baik sehingga hidupnya  menjadi berkat .” manusia ciptaan Baru nampak dalam hidupnya “  Yoh 16 : 8 /  Ef  2 : 8-10 .

Tetapi kalau ia belum memiliki Iman kasih karunia dari Tuhan maka ia tidak memiliki kuasa ROH KUDUS yang memberi kemampuan untuk melakukan kehendak Tuhan dalam hidupnya , sehingga hidupnya tidak bisa memuliakan nama Tuhan,  Yoh 16:13 -14 .

Penyebab seseorang tidak menerima Iman kasih karunia  karena  ;

1.   Ia baru diterangi oleh Firman Tuhan , tetapi tidak mau hidup dalam terang kebenaran Firman Tuhan , ia lebih senang hidup dalam dunia lamanya ( kegelapan ) , tidak peduli orang tersebut sudah menjadi orang Kristen bertahun-tahun lamanya , kalau ia tidak pernah hidup dalam terang ( kebenaran Firman Tuhan ) maka ia sama dengan orang yang belum mengenal Tuhan  . Mat 10:14-15 / Yoh 3 : 18 - 22 .

2.   Walau Ia sudah kegereja tetapi tidak suka makanan rohani ( baca Firman )tetapi tidak direnungkan dengan sungguh-sungguh maka ia tidak akan mengalami pertumbuhan rohani karena kurang gizi berakibat rohaninya masih kanak-kanak / bayi rohani  terus ( Ibrani 5:11-14 ) dan karena masih kanak-kanak maka pola pikirnyapun seperti kanak-kanak pada umumnya yang sangat terbatas pengetahuan dan pemahaman akan kebenaran hidup dalam Tuhan .  1 Kor  13 : 11 . 

3.   Bagi yang sudah pelayanan tetapi tidak menghasilkan buah-buah dari pelayanannya baik bagi hidupnya sendiri dan bagi orang lain , digambarkan Tuhan YESUS seperti pohon ara yang tidak berbuah walau ia hidup dikebun anggur Tuhan  mendapatkan makanan / supply dari Tuhan kalau tidak menghasilkan buah-buah pertobatan , suatu hari nanti ia akan ditebang dan dibuang  kedalam api !  ( Luk 3 : 9 / 13 : 6 - 13 )

4.   Bagi yang kelihatan sudah bertumbuh rohaninya karena sudah pelayanan suatu hari akan diuji ( dengan api ) melalui proses kehidupan , kalau dinilai baik sesuai dengan standart Tuhan Ia dapat pahala , tetapi kalau tidak sesuai semua pelayanan dan perbuatannya akan hilang  sia-sia , ( 1 Pet 1 : 6 - 7 ) maksudnya ;

•   Ketika persoalan melanda hidupnya ia murtad , nampaklah mutu bangunan rohaninya dari rumput jerami yang mudah terbakar ( kena ujian sedikit saja sudah malas pelayanan malas ibadah ) berarti mutu bangunannya bukan dari emas yang makin cemerlang saat kena api percobaan hidup .  ( 1 Kor 3 : 10-15 )

•   Kalau melayani dengan hati yang jahat , suka menyakiti hati orang dengan cara memfitnah menjelekan dan menjatuhkan orang lain maka ibadahnya juga sia-sia , ( Mat 12 :36-37 / Rom 14 : 4 / Yak 1 : 26 )  atau melayani hanya untuk cari muka, bahkan mencari keuntungan pribadi pasti suatu hari akan menerima hukuman bukan pahala !   2 Kor  5 : 10 / Wah 20 : 12 .

5.   Termasuk para pemimpin yang bekerja diladang Tuhan , tetapi tidak beres pelayanannya hanya mencari keuntungan , melayani dirinya dengan segala ambisinya , tidak membawa Jemaat hidup mengenal Tuhan dan kehendaknya dengan baik dan benar , bahkan mungkin disertai ancaman agar jemaat takut dan tunduk kepada kehendaknya  maka tiba waktunya Tuhan akan menghukumnya juga . Mat 21 : 33 - 41

Akibat tidak hidup sebagai bagian Tubuh KRISTUS ;

1.   Tuhan tidak melindungi kehidupannya karena ia hidup diluar area yang Tuhan tetapkan yaitu mengikatkan diri sebagai bagian Tubuh KRISTUS , hidupnya dijalani hanya dengan kekuatan diri sendiri seperti manusia pada umumnya  .  Mazmur   27 : 1-14  / 91 : 1-2  .

2.   Seperti sebagian bangsa Israel yang hanya memikirkan kepentingan daging , tidak taat dan menyakiti hati Tuhan berulang-ulang melanggar perintah dan peraturan yang Tuhan tetapkan, menyebabkan hukuman dan kesusahan bagi seluruh bangsa Israel pada umumnya , yang tidak tahu apa-apa ikut kena dampaknya Sebab ;

•   Ketika mereka berbuat dosa , yang lain tidak memberi peringatan / menegur  hanya diam saja , maka merekapun dianggap Tuhan setuju dengan perbuatan dosa mereka , akhirnya  mereka juga kena hukuman dari Tuhan , Bil 14:1-2 , 22-24 / 25: 1-3 , 9 / Yos 7:1 , 5 , 25 .

•   Jadi kalau kita sebagai bagian Tubuh KRISTUS melihat jemaat berbuat dosa harus segera menegurnya agar tidak kena hukuman bersama mereka yang berdosa , tetapi kalau kita sudah menegur orang itu tetap saja berjalan dijalan berdosa maka darahnya tertangung atasnya sendiri dan kita bebas Yehezkiel  3 :18 . kebaskan debu tinggalkan orang tsb atau bisa juga kelompok  tersebut . Mat 10 : 14 .

3.   Tiba waktunya tidak akan menerima supply / aliran kehidupan KRISTUS yang berdampak hidupnya jadi lemah , sakit dan akhirnya mati dibuang kedalam api , seperti pohon kering yang tidak berguna .  Mat 21 : 18-20 / Yoh 15 : 1-6 .

4.   Dan orang yang hidup tidak taat dan setia melakukan Firman Tuhan sama saja hidup diluar kehendak Tuhan , hidupnya tidak mengalami pemulihan berakibat tidak akan menerima berkat-berkat yang Tuhan janjikan , sebaliknya hidup dalam bayang-bayang kutuk kesusahan dan penderitaan mengikuti hidupnya ! Ulangan 28 : 1- 46  .


Sebab Tuhan memberikan berkat , perlindungan dan pagar hanya bagi umat-Nya yang takut/ hormat kepada-Nya  dan setia melakukan perintah dan peraturan yang Tuhan tetapkan , yaitu hidup sebagai bagian Tubuh KRISTUS dan berfungsi / hidup sesuai dengan talenta yang Tuhan sudah berikan dalam hidupnya  agar nama Tuhan dimasyurkan melalui hidupnya !   Efesus 4 : 16 .  Amin .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Hubungan Dengan Tuhan (Bag. 6)"

Post a Comment